Featured Post 6

Kamis, 17 Juni 2010

REBUT ! Ke-unggul-anmu dengan I.L.M.U

Selayang Pandang Maktabah Baitul Hikmah

Yayasan As-Syifa Al khoeriyyah



I. MAKTABAH BAITUL HIKMAH

Maktabah Baitul Hikmah adalah salah satu unit pelayanan yang kedudukannya pada saat ini berada dibawah koordinasi Bagian Infokom yayasan As-Syifa Al khoeriyyah, yang beralamat di Jl. Subang -Bandung KM 12 Rt 12/06 Tsmbskmekar jalancagak subang -jawa barat Indonesia kode pos 41281 telp. E-mail : maktabahbaitulhikmah@yahoo.com, dengan ruang lingkup kegiatan kerja yang terkait erat dengan pengelolaan & pelayanan. Bertindak sebagai media penyimpan dan penyebar informasi baik kepada intern (anggota/ civitas As-Syifa Al khoeriyyah), maupun kepada pihak ekstern (umum/ masyarakat setempat) berupa penyediaan buku-buku bacaan baik referensi maupun sirkulasi (non referensi)


Maktabah Baitul Hikmah, nama yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat kita. Sebuah Pondok Pesantren yang terletak di kawasan Subang yang dihiasi cakrawala panorama Alam yang asri menyejukan. Perjalanan Baitul Hikmah tidak terlepas dari ssosok seorang yang bernama Dr. Sulaiman Omar kush atau yang lebih akrab disapa Dokter. Embrio dari Ponpes ini mulai berdenyut sejak tahun. 2003,dimana sebuah yayasan didirikan untuk mengkoordinir gerak aktivitas dakwah dan Argo beserta staf-stafnya. Yasasan As-Syifa Al khoeriyyah merupakan lembaga yang pertama kali dibentuk seiring perkembangan As-Syifa dari mulai bertempat di kamar-kamar kecil. Yayasan ini didirikan pada tahun 2003. Dengan visi membangun peradaban, yayasan As-syifa Al Khoeriyyah mencoba mengarahkan aktifitas organisasi menuju pesantren peradaban, lingkungan barokah,As-Syifa bermartabat dengan konsep pesantren peradaban baru.


Keberuntungan kuncinya adalah kegigihan mengubah diri menjadi lebih baik! Mengubah diri tidak akan berhasil kecuali diawali dengan keberanian mengetahui kekurangan dan kesalahan diri.
Semoga Edukation Smart Group ( ESG ) yang dikemas dengan sederhana ini dapat menumbuhkan kreatifitas,produktif dan kemampuan berinovatif dalam dakwah peradaban, sehingga dapat melakukan perubahan diri dan lingkungan.
Dan perubahan pada diri kita masing-masing akan mengubah keluarga, masyarakat, dan bangsa kita.


VISI Baitul Hikmah
Menjadi lembaga pelatihan yang teladan dan terpercaya dalam mengembangkan karakter bangsa melalui Manajemen Qolbu.


Baitul Hikmah juga bergerak Education Smart Group, yaitu :


1. Smart Arabic Group

2. Smart English Group

3. Smart Leader Group



  1. Latar Belakang Sejarah

    A. Masa Perintisan


    Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah merupakan sebuah lembaga non pemerintah (Non Goverment Organization) yang bergerak dalam aktifitas Dakwah, Sosial, dan Pendidikan Islam. Awal perjalanan Yayasan ini dimulai pada tahun 2003 oleh para pegiat dakwah di Kabupaten Subang. Aktivitas sosial menjadi langkah awal yang dijalankan oleh para pengelola Yayasan. Dalam menjalankan aktivitasnya, para pengelola Yayasan mendapatkan amanah dari para donatur luar negeri, terutama dari Negara Qatar.

    Awalnya, Yayasan bergerak dalam penyaluran dana-dana pembangunan sarana umat seperti mesjid dan madrasah. Seiring dengan tingginya tingkat kepercayaan dari para donatur, Yayasan pun mulai melakukan ekstensifikasi program tidak hanya menyalurkan sarana fisik, akan tetapi juga menjajaki program pengembangan Sumber Daya Manusia. Maka dibukalah program pendidikan tahfizh Al-Qur’an LTIQ Maqdim yang diperuntukkan bagi anak putus sekolah dengan menyewa rumah penduduk. Seiring dengan dibukanya program tahfizh, Yayasan mulai memikirkan untuk merancang program strategis yang akan dikembangkan.

    Dengan Izin Allah SWT, pertengahan tahun 2004, Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah mulai mendapatkan kepercayaan untuk membangun Islamic Center di daerah Desa Tambakmekar Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang. Setahun kemudian di areal seluas 4 hektar telah berdiri Masjid megah di tengah pusaran akhtifitas dakwah Masjid Jami’ Syaikhah binti Khalifah As-Suweydi, Gedung serba guna, Asrama Pesantren Putri, Pusat Kajian & Maktabah 2 lantai dan Guest house. Tanggal 4 Desember 2005 menjadi hari bersejarah setelah Bupati Subang bersama Duta Besar Qatar Untuk Republik Indonesia hadir meresmikan Pondok Pesantren As-Syifa Al-Khoeriyyah yang dihadiri tokoh Nasional dan Daerah. Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Pembina sekaligus pendiri Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah; Dokter Suleiman Omar Qush mendapatkan anugerah sebagai Tokoh Berjasa kabupaten Subang yang disematkan oleh Buoati Subang; Eep Hidayat.

    Secara bertahap, Yayasan terus mengembangkan program pendidikan tahfizh yang non formal. Pada tahun 2005, Yayasan mulai mengembangkan pendidikan formal dengan mendirikan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) pada tahun 2006. Sambil terus menerus menjaga kontinuitas penyaluran bantuan sarana umat seperti mesjid dan madrasah, Yayasan pun berhasil membuka kran penyaluran bantuan sarana air bersih bagi masyarakat.



B. Masa Pengokohan

Tahun 2007, Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah sudah menyalurkan amanah para donatur sekitar 200 buah mesjid dan madrasah serta sekitar 300 buah sarana air bersih. Di samping itu, program rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahun antara lain Program Penyebaran Hewan Qurban, Ifthar Shaim (buka puasa bersama), Kafalah Da’i/ Da’iyah, Santunan Anak Yatim, serta program-program pembinaan umat seperti daurah/ pelatihan, serta penerbitan risalah-risalah dakwah.

Secara kelembagaan pun mengalami perbaikan dan dinamisasi setelah estafeta kepemimpinan As-Syifa Al-Khoeriyyah dilanjutkan oleh Muhtar Fathony Wahyuddin melanjutkan pendahulunya H. Syaef Ma’mun, Lc. Sehingga memasuki tahun 2007 menjadi awal titik tolak pengokohan kemandirian Yayasan As-Syifa Al-KhoeriyyahSelanjutnya, Yayasan mulai merancang visi kemandirian.

Maka dibuatlah terobosan pengembangan usaha untuk mendukung visi tersebut. Rencana Strategis 2010 merupakan masa langkah awal menuju visi kemandirian. Yaitu dengan dicanangkannya masa pengokohan. Tercatat beberapa rencana usaha yang akan dikembangkan:

  1. Pengembangan Usaha Pertanian dan Kehutanan

    2. Pengembangan Usaha Peternakan

    3. Pengembangan Usaha Koperasi

    4. Pendirian Radio Siaran Swasta

    Semuanya diupayakan untuk memujudkan kawasan pusat pendidikan terpadu yang berwawasan lingkungan dan berperan dalam pemberdayaan serta pembinaan masyarakat di sekitarnya.


    C.
    Masa Kedewasaan Membangun Kemandirian

    Bercermin pada perjalanan suksesnya dakwah Rasulullah Muhammad SAW, bahwa dalam menyikapi problematika umat dan dakwah hanya akan mampu diselesaikan dengan baik apabila kedewasaan dalam bersikap mampu diwarisi. Sehingga usia muda tidak menghalangi Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah untuk meraih kedewasaan sedini mungkin. Untuk itu, Yayasan mulai melakukan ekspansi pengembangan ke arah pemandirian melalui garapan-garapan bernilai investasi.
    Sampai saat ini, Yayasan mencoba melakukan terobosan pengembangan kemandirian unit-unit garapan seperti kantin, klinik, minimarket, radio penyiaran, dan unit lainnya sebagai upaya pendewasaan. Dengan harapan akan menggerakkan roda ekonomi Yayasan secara keseluruhan. Sehingga visi yayasan bisa dengan mudah dicapai, tentunya dengan izin dan kehendak Allah SWT.





D. Visi dan Misi

Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah memiliki Visi:

”Kokoh dan Mandiri dalam membangun, membina dan melayani masyarakat”

Dalam mencapai visinya, Yayasan mempunyai misi:

1. Mengembangkan Lembaga Pendidikan Unggulan Kebanggaan Umat.

2. Menyelenggarakan kegiatan keilmuan untuk mencerdaskan masyarakat.

3. Mengelola aktifitas dakwah untuk melahirkan kader dakwah yang dapat berperan di
masyarakat.

4. Melakukan usaha-usaha ekonomi berbasis syariah secara mandiri

5. Membangun jaringan untuk kemitraan dengan lembaga-lembaga swasta maupun
pemerintah.

6. Memberikan kontribusi positif pada lingkungan, lembaga, dan masyarakat.

II. LANGKAH-LANGKAH OPERASIONAL

Kokoh dalam membangun, Membina, Mengembangkan lembaga pendidikan unggulan kebanggaan ummat

Tingkat SD hingga Perguruan Tinggi

  1. Mendirikan/menyelenggarakan Playgroup.

  2. Menyeleggarakan TKIT terdepan dalam kualitas & prestasi di Kecamatan Jalancagak

  3. Mendirikan SDIT (Full day) berkualitas di tingkat Kab. Subang

  4. Menyelenggarakan SMPIT Boarding School (putra-putri) bervisi: merebut keunggulan

  5. Menyelenggarakan SMA IT dengan kualitas pembinaan terbaik

  6. Bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Tinggi/PT untuk program penyetaraan D1 – S1



0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites